Pengertian media teknologi pembelajaran manfaatnya dalam proses belajar mengajar

 Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya yang telah memperjuangkan Agama

Islam.

Kemudian dari pada itu, saya sadar bahwa dalam menyusun makalah ini banyak yang membantu terhadap usaha saya, mengingat hal itu dengan segala hormat saya sampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada : Dosen pengampu Ifa Muzari’ah, S.Pd.I, M.Pd. yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan makalah ini.

Atas bimbingan, petunjuk dan dorongan tersebut saya hanya dapat berdo'a dan memohon kepada Allah SWT semoga amal dan jerih payah mereka menjadiamal soleh di mata Allah SWT. Amin. Dan dalam penyusunan makalah ini saya sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan, maka dari itu saya mengharapkan keritikan positif, sehingga bisa diperbaiki seperlunya. Akhirnya saya tetap berharap semoga makalah ini menjadi butir-butir amalan saya dan bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi seluruh pembaca. Amin Yaa Robbal 'Alamin.

Kediri, 13 Januari 2023

Penulis

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i

DAFTAR ISIBAB I PENDAHULUAN ii

A. Latar Belakang ........................................................................... 1

B. Rumusan Masalah ...................................................................... 2

C. Tujuan Masalah .......................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian Media Teknologi Pembelajaran .............................. 3

B. Manfaat Dalam Proses Belajar Dan Mengajar ............................ 6

BAB III PENUTUPAN A. Kesimpulan dan Saran .................................................................... 8 DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 9

ii

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu belajar adalah adanya perbedaan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat kognitif, psikomotor maupun afektif.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seiring dengan perkembangan manusia. Perkembangan itu menyebabkan perubahan penting bagi manusia. Sering sekali media dijadikan wadah pembelajaran. Media telah menjadi suatu kebutuhan pokok (primer) bagi manusia. Media elektronik dalam perkembangannya bermetamorfosis ke dalam dunia maya. Facebook menjadi tempat bertegur sapa. Jejaring social marak karena untuk berkomunikasi lebih mudah.

Proses belajar mengajar suatu proses komunikasi. Berkomunikasi merupakan kegiatan manusia sesuai dengan nalurinya. Naluri yang selalu ingin berhubungan satu sama lain. Adanya naluri tersebut, komunikasi dapat dikatakan bagian selamanya dari hidup manusia. Komunikasi mengandung makna menyebar luaskan informasi atau menyampaikan pesan atau dari sumber pesan (komunikan) kepada penerima pesan. Untuk itu komunikasi dikait-kaitkan dengan penggunakan media. Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses komunikasi dan pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran disekolah pada khususnya.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apakah pengertian dari media teknologi pembelajaran?

2. Apa saja manfaat dalam proses belajar dan mengajar?

C. TUJUAN MAKALAH

Dalam pembuatan makalah ini, saya selaku pemakalah bertujuan untuk membantu para pembaca agar dapat mengetahui dan memahami :

1. Pengertian media teknologi pembelajaran

2. Manfaatnya dalam proses belajar dan mengajar

BAB II PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN MEDIA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

1) PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Kata media berasal dari bahasa Latin meduis yang berarti ‘tengah, perantara atau pengantar’.Gerlach & Ely mengatakan bahwa media adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau lelektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual.

Media yang sering diganti dengan kata mediator, menurut Fleming adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar-siswa dan isi pembelajaran. Disamping itu, mediator dapat mencerminkanpengertian bahwa setiap sistem pembelajaran yang melakukan pran mediasi, mulai dari guru sampai kepada peralatan paling canggih, dapat disebut media.Jadi, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup vital. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai penghubung. Dan dapat dipahami bahwa media adalah alat bantu apa yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.

Gagne dan Briggs mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat untuk menyampaikan isi materi pembelajaran, antara lain buku, tape recorder, kaset, vedio camera, vedio recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televise dan komputer.

2) PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Technologia menurut Webster Dictionary berati systematic treatment atau penanganan sessuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata Teknologi berarti skill, science atau keahlian, keterampilan, dan ilmu.5 Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa Latin texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga isilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,

Pada intinya teknologi adalah segala hal yang memudahkan pekerjaan manusia itu sendiri.


Teknologi berasal dari kata Greek “technologia”, yaitu techne yang berarti seni, keahlian atau kerajinan, atau keterampilan. Sedangkan logia berarti kata, studi, tubuh ilmu pengetahuan. Teknologi adalah sebuah pengetahuan tentang membuat sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Menurut Roger teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu aspek harware dan software.

Sementara itu, Jacques Ellul mendefinisikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap

kegiatan manusia. Teknologi merupakan penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memcahkan masalah.

Jadi teknologi adalah sarana, alat maupun cara yang digunakan dalam menyampaikan pesan dan memecahkan suatu masalah melalui pengetahuan untuk suatu mencapai tujuan tertentu dan menjadi suatu disiplin ilmu tersendiri. Dan Teknologi pembelajaran ialah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Istilah teknologi berasal dari kata textere (bahasa latin) yang artinya “to weave orconstruct”, menenun atau membangun. Teknologi tidak selamanya harus menggunakan mesin sebagaimana terbayangkan dalam pikiran selama ini, akan tetapi merujuk pada setiap kegaiatan praktis yang menggunakan ilmu atau pengetahuan tertentu. Bahkan disebutkan bahwa teknologi itu merupakan usaha untuk memecahkan masalah manusia.

Berdasarkan definisi teknologi pembelajaran di atas, maka dapat dikatakan bahwa:

1. Teknologi pembelajaran pada perkembangan awalnya sama dengan media pembelajaran yang lahir dari revolusi komunikasi.

2. Dalam perkembangan selanjutnya teknologi pembelajaran merupakan suatu disiplin ilmu tersendiri yan bukan hanya terbatas pada media dalam bentuk peralatan fisik semata, melainkan merupakan kajian dan praktik etis dalam mendesain, mengembangkan, menggunakan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber teknologi yang sesuai untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja tenaga pendidik, peserta ddik, dan organisasi kependidikan.

3. Media pembelajaran dipandang sebagai segala bentuk peralatan fisik komunikasi berupa hardware dan software merupakan bagian kecil dari teknologi pembelajaran yang harus diciptakan (didesain dan dikembangkan)

digunakan, dan dikelola (dievaluasi) untuk kebutuhan pembelajaran dengan maksud untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.

4. Oleh karena itu, media pembelajaran sebagai peralatan fisik tidak sama dengan teknologi pembelajaran sebagai suatu disiplin ilmu.

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah bahwa teteknologi pengajaran, dan teknologi pembelajaran memiliki pengertian yang sama yaitu pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan, dapat berupa alat, teknik, ataupun metode yang menjadi sarana untuk mempermudah penyampaian pesan atau informasi dari sumber (pendidik) ke penerima informasi atau pesan (peserta didik) agar tercapainya tujuan pembelajaran atau pendidikan.

B. MANFAAT MEDIA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR

Kemp & Dayton juga mengemukakan beberapa manfaat media pembelajaran, antara lain :

1. Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku.

2. Pembelajaran bisa lebih menarik

3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif

4. Waktu pembelajaran dapat dipersingkat

5. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan

6. Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan

7. Sikap positif siswa dapat ditingkatkan

8. Dapat mengurangi beban guru.

Encyclopedia of Educational Research merinci manfaat media pendidikan sebagai berikut:

1. Meletakkan dasar-dasar yang kongkret untuk berpikir.

2. Memperbesar perhatian siswa.

3. Memberikan pengalaman nyata pada siswa.

4. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu.

5. Membantu perkembangan kemampuan berbahasa.

Disimpulkan beberapa manfaat praktis penggunaan media belajar dan pembelajaran dalam proses pembelajaran sebagai berikut :

1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan sehingga meningkatkan proses dan hasil belajar.

2. Media pembelajaran dapat mengarahkan perhatian anak sehingga menimbulkan motovasi, interaksi langsung antar siswa dan lingkungannya.

3. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa.

BAB III

KESIMPULAN

A. KESIMPULAN

Kata media berasal dari bahasa Latin meduis yang berarti ‘tengah, perantara atau pengantar’Dalam proses pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.

Manfaat media pembelajaran, antara lain: penyampaian pelajaran menjadi lebih baku, pembelajaran bisa lebih menarik, pembelajaran menjadi lebih interaktif, waktu pembelajaran dapat dipersingkat, kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan, pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan, sikap positif siswa dapat ditingkatkan, dan dapat mengurangi beban guru.

B. SARAN

Hendaknya makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam hal peneraparan dan penegakkan Hak Asasi Manusia bagi pembaca. Dan makalah ini bisa bermanfaat bagi banyak pihak, utamanya bagi penyusun dan pembaca.

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Rafindo Persada, 2008.

Komsiyah, Indah. Belajar dan Pembelajaran, Depok Sleman Yogyakarta: Teras, 2012.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan kuantitatif

Pembagian Kalam dalam kitab aljurumiyah

Aljurumiyah bab kalam